Cara Alami Menghilangkan Komedo Hidung di Rumah

Cara Menghilangkan Komedo di Rumah, Menghilangkan Komedo di Hidung, Menghilangkan Komedo dengan Aman
Cara Alami Menghilangkan Komdeo Hidung di Rumah - Jerawat itu satu dengan yang lainya berbeda tergantung jenisnya, seperti dengan pembahasan kita kali ini jerawat blackhead (jerawat hitam / komedo terbuka) dan whitehead (jerawat putih / komedo tertutup). Keduanya memiliki perbedaan bukan dari warna saja, melainkan dari posisi jerawat. Jika jerawat whitehead terjadi karean sebum tertutup oleh kulit atau didalam pori-pori yang mengakibatkan tidak teroksidasi oleh udara dan kotoran sehingga sebum menjadi tetap berwarna putih, dan blackhead terjadi karena sebum berada di pori pori yang terbuka mengakibatkan sebum teroksidasi dan terkena kotoran mengakibatkan warna menjadi hitam dan tidak enak dipandang. Biasanya komedo tertutup lebih sering terdapat pada hidung dan sekitar area hidung. Menggosok kulit yang berkomedo dengan keras agar hilang hanya akan memperburuk keadaan. Oleh karean itu kami akan memberikan beberapa tips yang anda bisa coba dirumah.
  1. Baking Soda dengan Air.
Manfaat baking soda ternyata tidak hanya untuk membuat kue. Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau badan tapi dalam kasus ini kita akan menggunakan baking soda untuk menghilangkan komedo. Butir-butir kecil pada baking soda akan mengelupaskan kotoran dan kulit mati pada kulit. Cara menggunakan sebagai berikut :

Bahan yang anda butuhkan
  • Baking soda
  • Air
Campurkan air dengan baking soda hingga membentuk pasta, dan oleskan ke kulit yang terdapat komedo. Diamkan sebentar dan bilas dengan air.

Catatan :
Baking soda dapat membuat kulit kering dan keriput. Bila anda menggunakan baking soda secarat terus menerus, ini disebabkan karena baking soda mengandung Alkaline yang merusak lapisan terluar kulit.
  1. Air Lemon.
Air lemon dapat mengelupaskan kulit mati pada kulit sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Selain itu lemon juga dapat mencerahkan kulit dan akan membuat sensitif jika terkena sinar matahari. Oleh karena itu gunakanlah tabir surya setelah anda menggunakan perawatan ini. Perawatan dengan air lemon sebagai berikut.

Bahan yang anda perlukan :
  • Lemon
  • Bola kapas
Pastikan anda membersihkan wajah terlebih dahulu dengan air dan kering. Peras jeruk lemon dan ambil airnya de dalam mangkuk. Ambil catton balls / bola kapas lalu rendam dalam air lemon. Kemudian oleskan ke daerah yang terdapat jerawat dan diamkan selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini selama 3-4 kali seminggu.

Catatan :
Bila anda baru pertama menggunakan metode ini, mungkin akan terasa perih, dan hati – hati jangan sampai terkena luka pada kulit.
  1. Perekat Kayu Manis dan Madu.
Selain menjadi permen yang enak ternyata kayu manis dan madu dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Ini adalah kombinasi yang bagus karena madu menggandung anti bakteri yang dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan juga perekat untuk menarik kotoran keluar dari pori-pori, kayu manis untuk memperlancar sirkulasi darah dan membuat kulit halus.
Bahan yang diperlukan :
  • Bubuk kayu manis
  • Madu asli
  • Strip bersih kapas atau tisu
Caranya yaitu dengan mencampurkan madu dan bubuk kayu manis, aduk sampai merata sampai berbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut ke bagian hidung atau kulit yang terdapat komedo. Ratakan dan buat lapisan tipis dan tutupi dengan tisu yang cukup tepal agar tidak mudah sobek. Biyarkan selama 3-5 menit / sampai kering kemudian Tarik. Jika telah selesai, bilas wajah anda lalu dianjurkan memakai pelembab wajah.
  1. Perekat Madu dan Susu.
Susu dan madu adalah kandungan terbaik lainya digunakan untuk membuat perekat komedo selain madu dan kayu manis. Dimana madu memiliki anti bakteri dan asam laktat dalam susu digunakan untuk membantu agar kulit tetap lembut dan lentur.

Yang anda perlukan
  • 1 Sendok makan madu asli
  • 1 Sendok teh susu
  • Strip bersih, kapas atau tisu
Campurkan 1 sendok makan madu asli dan 1 sendok teh susu. Panaskan dalam microwave selama 5 – 10 detik, aduk lagi untuk meratakan adonan. Lalu oleskan ke atas komedo secara merata dan buat lapisan tipis, lalu tutupi dengan strip kering atau tisu yang tebal. Biyarkan kering ( tunggu 20 menit ) lalu tarik, ingat hati - hati dalam melepaskanya. Bilas dengan air dingin lalu dianjurkan dengan memakai pelembab.
  1. Cuka Sari Apel dan Daun Mint.
Anda dapat membuat toner sendiri di rumah dengan campuran cuka sari apel dan daun mint. Cuka sari apel akan menghilangkan hal - hal penyebab jerawat dan daun mint akan memberikan sensasi dingin pada kulit ini berguna untuk meredakan bengkak atau iritasi pada area sekitar komedo. Ini sangat efektif bila anda berada pada saat jerawat mengalami peradangan baik itu jerawat blackhead atau whitehead.

Bahan yang anda butuhkan :
  • 3 Sendok makan cuka sari apel
  • 3 Sendok makan daun mint yang telah dihaluskan
  • Air secukupnya
  • Bola kapas
Campurkan ketiga bahan tersebut, cuka sari apel dan daun mint halus ke dalam mangkuk. Diamkan selama 1 minggu di tempat digin dan gelap. Saring, tambahkan air secukupnya dan simpan dalam lemari es selama 6 hari. Sebelum digunakan bersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan air, setelah itu gunakan bola kapas bersih untuk menerapkan toner pada wajah. Biarkan semalaman atau beberapa jam (jika anda memiliki kulit sensitif). Kemudian bilas dengan air dilanjutkan dengan pelembab.

Komentar